Selasa, 30 November 2010

DUA BUAH IKLAN CETAK YANG MENGGAMBARKAN MODEL KOGNITIF DAN MODEL EMOSIONAL.

DUA BUAH IKLAN CETAK YANG MENGGAMBARKAN MODEL KOGNITIF DAN MODEL EMOSIONAL.

NOMOR 1.

Carilah dua buah iklan cetak,satu yang menggambarkan model kognitif dalam pengambilan keputusan konsumen dan satu lagi yang menggambarkan model emosional. Jelaskan pilihan anda,menurut pendapat anda,mengapa para pemasar memilih pendekatan yang digambarkan pada iklan-iklan tersebut?

Jawaban:

Contoh pandangan kognitif.

Saya mengambil contoh satu iklan suplemen makanan karna sebagai pemecahan masalah dengan cara berfikir. Dalam konteks model kognitif,konsumen dipandang sebagai pengelola informasi, pengelola informasi menghasilkan formasi pilihan dan akhirnya minat konsumen untuk mempermudah proses pengambilan keputusan. Pandangan/ pemecah masalah kognitif menggambarkan konsumen berada diantara pandangan ekonomi.

Kita perlu memilah milah untk mencari barang atau iklan yang kita butuh kan,kita tahu bahwa banyak suplemen makanan yang beredar dipasaran.misalnya:hemaviton,enervon c,vatigon dan lain-lain.

Barang-barang tersebut mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh kita tetapi ada juga yang belum terkandung didalamnya,seprti zat besi, vitamin A B C B1 Bcomplex dan lain-lain.sehingga kita bisa mengambil keputusan yang sempurna dalam pengambilan keputusan.

Pandangan emosional.

Saya memilih contoh iklan handpone karna sesuai dengan desakan hati, kegembiraan, kekhawatiran,rasa sayang,harapan,fantasi dan lain-lain. konsumen lebih memikirkan merek dari pada kualitas atau menurut desakan haty yang disebutu keputusan yang emosional inklusif.

Mengapa para pemasar memilih pendekatan yang digambarkan pada iklan tersebut?

Karna para pemasar tahu dengan cara pemasaran dengan menggnakan iklan-iklan dengan gambar dapat mendongkrak pemasarannya.